Josefanny "Holmes"

Tbh, I couldn't be more grateful to know this girl. I wish I know her sooner.



Her name is Josefanny. Recently learned at Bandung Institute of Technology (ITB), taking Biology major, the study of her dream.

Perdana kali mengenal dia ini adalah waktu SMP kelas 8 dan kebetulan tetanggaan. Gua di kelas 8F, dimana best achievement gua adalah juara lomba video waktu class meeting, hehe. Sedangkan Jose adalah penghuni kelas 8E yang dulu terkenal dengan baju seragam kelas bergaya jersey sepakbola warna hitam dengan aksen kuning dengan "Chang" sebagai sponsornya, sama seperti yang dipakai klub sepakbola asal Inggris waktu itu, Everton.

The first thing I do? Request titip pesan di majalah sekolah SMP waktu itu, Shine Saint Mary dengan 1k doang, harga siswa ;). Nervous sih soalnya itu juga bisa menjadi platform buat ngisengin orang waktu itu, entah naksir, entah pemberi motivasi atau teguran, it's all matter in that so-called messages rubric in Shine Saint Mary. Setelahnya entah kenapa, nyapa dirimu menjadi cukup sering semenjak itu, kalau bahasa gaulnya: akrab. 


Jose....Fanny. Jose.... Fanny.

Kek gitulah gua manggil lu waktu itu from there.


It's unfortunate that we didn't close at grade 9th, but instead, I have your bestie and your so-called sister from another mother, Chrisnadya "CN". Ya sih, memang bestie lu cakep, granted. Dia juga memorable in her own way, actually, but I prefer you too alongside her, so I can see how you two perform in action in my and CN's former class, 9F. If that's the case, after winning futsal, 9F was going to be the class to beat in other aspect.

No memories between us in grade 10th, so let's move on to grade 11th where everything was actually began.



The moment when I joined Smalistics in second week of high school in the new year academic year, it's gonna be exciting to work with arguably, the school's journalist veteran like you. If you ask me about my very 1st motivation in joining smalistics is to make a name for myself and I want to be a legend like you. Not to mention that I love taking photos during my high school for three straight years, so I think I'm in the right path of what would been, a memorable high school moment.

Yes, gua memang lebih banyak spend memories with Bait instead of you. Memang masih agak lumayan kikuk untuk akrab sama lu di SMA, not easier hanya karena gua udah cukup sering nyapa lu waktu SMP kelas 8. Maybe karena lu sering lomba DBL yang menjadi talk of the school bagi pembenci nilai-nilai akademis dan juga berduet bersama Chika and menjadi Santa Maria's Dynamic Duo for DBL (Writer-Photographer).

From there, gua tahu kalau your writing skill isn't a fluke. Bukan hanya prowess buat puisi, namun juga berpotensi untuk membuat press release yang puitis seperti BMW Group Indonesia.

My first memorable moments with Smalistics adalah pastinya the one and only: Smayava. After school, each of us have their lunches, maybe at Balima, Beringin Eddy, School's Canteen or maybe from Marybrown's as part of the event's sponsor. After that, the event started: Cerdas Cermat, Sports, Art Show, etc. Smayava was just too memorable for my standards.

Habis itu, I filled my memories with Smalistics with training of capturing the photographers (my actually 1st experience with Smalistics) dan training with ko Stephen Marlin about basic photographic technique, newscasting practices, national events and our most important project: Saints 40 Yearbook project.

Don't forget when we competing in mandatory poem competition in the 2016/17 Smayava edition. The moment when I actually just want to have fun & I don't care if I lose or I win coz I only want a fame. I actually didn't surprised when you made it to the final 6, representing the 11 Science, coz I know with a poem reader of your caliber, it should be a walk in a park. But what made me actually surprised, is that I also made it to the final 6 representing 11 Social. Even though I didn't win, I still consider it as my finest moment, because it's such an honor to compete against you.

2nd year in Smalistics, that's the period when I managed to get close with you actually. Tbh, I probably never thought that when I met your mom when we had a UMN (Universitas Multimedia Nusantara) Entry Test at Premiere Hotel would eventually become our turning point, because since then, we eventually got closer than we ever had in Junior High School. I couldn't be more pleased that evening.

After that, ngl (not gonna lie) gua semakin motivated to get know you better and not giving too much damn about my own class. Kalau ditanya pendapat gua tentang dirimu, jujur aja, I almost struggle how to describe you from my POV.



For me, kamu itu orangnya composed, banyak ide cemerlang, selera humor yang cerdas, antusias yang baik, jago motivasi, memiliki semangat, lumayan photogenic ketika dipoto, prowess in photography dan passion yang tinggi. Selain itu, gua suka sama circle pertemanan mu, walaupun gua bukanlah academic freak myself like you, karena attitude my own local class yang udah kelewat pathetic. And of course I have my own philosophy as well. Namun yang paling gua suka darimu adalah, kamu itu paling pandai menaksir dan membuat jatuh cinta dengan tulisanmu (bottom line is: writing is your strength). Btw, gua akan jujur padamu, gua suka melihat ekspresi kamu kalau difoto, karena kamu itu balanced for me, pandai menyikapi situasi, adaptif, yang terkadang bisa cukup tegas namun juga menggemaskan (dalam artian cute) kalau itu dirasa perlu, karena terkadang, your mood can boost my mood as well. Gua juga paling suka sama senyumanmu, mate. Natural dan mampu membangun semangat orang-orang disekitarmu dan juga mampu banget menjadi moodbooster. Not to mention kalau gua juga suka sama majas-majas sinting yang kamu gores di blog kamu yang menjadi sumber inspirasi gua, recently.

Mungkin yang paling mempersatukan kita adalah pensi Aremus. Gak ada habisnya memang kalau bicara Aremus ini. I know you are definitely imagine the worst scenario if no one else recorded that for you, coz I'm thinking the same thing. I thank God for be able to meet an extraordinary & memorable class like Aremus & during Aremus D-Day, I couldn't ask for a better scenario. Video pensi, rekaman sehari, lifetime memory, and also the blog dedicated to Aremus. Semenjak itu, gua merasa kalau kamu itu seperti bestie and kamu itu gua anggap sebagai rekan paling spesial selama SMA, even though we were never been classmate even once since Junior High School. And also don't forget thanks to you too, I regularly visit your class (also thank you for allowing me to do so) despite most of you focused in chasing their dreams and managed to produce some quality memories and ice cream Cornetto.



Walaupun begitu, I'm still jealous karena kamu bisa ke lapangan untuk ikut lomba DBL, sedangkan gua stuck sama fakeness inside my own class.

Tbh with you, semenjak kamu ke Bandung, gua merasa bahwa kamu alone bisa memproduksi memory yang jauh berkualitas than my 2 years of High School (grade 11th & grade 12th combined). Selain itu, gua juga bangga sama dirimu karena SNMPTN dan track record kamu berhasil membuat kamu mewujudkan impianmu.

And I still don't know when we are gonna meet again. If I do, the 1st thing I gonna do is to hug you tightly like every other bestie will do when they meet their best friend after a long period of time. Not for negative purpose, it's because I consider you like my elder sister (just like you consider CN as your sister from another mother). And also I largely probably end up crying out loud because I finally get a chance to reunite with you.


If you ask me why I made this blog, these are the reasons why:

You hit 21 years of age, what a milestone, mate. 21 years and you successfully fulfilled your dreams: learn at Bandung Institute of Technology. Selain itu, gua juga dedicate ini specially for you thanks to all the memories that we made. And juga motivated by your quotes that writing is one way to keep our legacy. Not to mention (I probably rarely tired saying this to you) that you are like my sister to me :) 

Yang kedua adalah, I feel concerned with what happened currently in Bandung. Apart from competing in any competition and chasing high academic scores like you always are, academic freak.

Yang ketiga adalah, karena lu udah buat gua perlahan tapi pasti jadi cukup sering cari banyak alasan untuk menulis. And secara tidak langsung, lu menghipnotis gua untuk membuat blog gua as my very own writing platform.

Yang keempat adalah, si Paulus. Jujur sama lu, gua sempat blacklist dia waktu kelas 4 SD. Sekarang, he's a better person and more genuine to deal with and of course, a better attitude towards me. And he's now look like a proper man, thanks to you, mate. Coz I know you are quite close to him in Junior High School.

Last but not least. (This is maybe not the most gentleman way to express what I feel from the beginning till the end.), kamu itu adalah cewek paling unique yang pernah gua temui. Banyak yang actually lebih cakep dari lu, but why I pick you as my inspiration? (Mostly in writing matters), it's because girl like you is one of a kind (so hard to desribe in another word) and your majas has become my new benchmark in making romantic words or just saying congratulations. And of course, to celebrate your 21st birthday.


Maybe I'm not the best poem writer in the entire room, because I know, you are defintely the better poem writer than me. Your majas is world class. But I'll try my best to write this for you, coz it's about time you received some poem after years of writing poem for others.


Tas sekolah

Penuh beban dengan alasan klise

Buku tulis, buku cetak

Suruhan atasan sekolah

Hanya untuk mendapat status rajin


Putih biru

Imut, OTW remaja

Remaja yang masih kekanak-kanakan

Setengah innocent, setengah kepedean


Angka 7, Angka 8, Angka 9

Hanyalah penamaan sementara

Huruf Alpha hingga Zulu

Tidak bisa menghentikan kita


Dalam perkara apa?

Menitipkan goresan yang mengandung kenangan

Yang tidak pernah kita tahu

Kapan itu akan terulang


Putih biru mengajarkan kita

Apa arti dari membuat momen

Momen imut, momen gak tahu malu

Kebersamaan itulah yang kita ukir


Air mata?

Betapa munafiknya kita

Kalau kita tidak mengeluarkannya

Hanya demi status ketangguhan


Padahal...

Air mata itu adalah ungkapan

Betapa sulitnya membentuk ungkapan hati

Hanya dalam bentuk huruf dan kalimat


Putih abu-abu

Masa paling indah

Lebih dari kata

Adanya pembuktian


Sikap, Karakter, Tindakan

Itulah hal yang diajarkan di SMA

Bukan hanya sekedar pencitraan media sosial

Platform perusak society dunia


Angka, Lomba, Nilai Rapor

Hanyalah kepalsuan kalau....

Anda tidak mengimbangi dengan ketiga sebelumnya

Dunia itu dinamis, tidak statis


Senyumanmu...

Bukanlah kepalsuan

Itulah dirimu

Penuh dengan karakter

Karena itulah Josefanny yang saya kenal


Kamu itu menghipnotis aku

Via puisi

Via majas

Via curhatan blogspot bernuansa Eropa


Prestasi...

Bagiku, itulah pelengkap CV kamu

Bagiku, itulah dirimu

Bagiku, itulah cerminan kamu


Namun...

Bukan hanya akademis belaka

Karena aku mengagumi kamu

Dari bidang Karakter

Bukan hanya sekedar glory hunter


Glory Hunter

Ngincer orang dari prestasi

Ngincer orang dari angka rapor

Ngincer orang dari penghargaan

Hanya untuk dibutakan oleh semua itu

Dalam artian, tidak melihat karakter

Sebagai syarat penting dalam dunia modern


Jujur saja

Aku ini menangis

Melihat semua kenangan yang diproduksi dalam tempo singkat

Namun memiliki kualitas yang setara dengan mobil Eropa.


Aku menangis

Menahan ucapan rindu

Yang bagian orang adalah hal yang cliche

Namun tidak berlaku untuk aku


Aku menangis

Pemisah antara Kemanggisan dan Ganesha

Yang membuat kita tidak pernah tahu

Kapan kita bisa berpapasan lagi


Aku menangis

Karena kerinduan yang memabukkan

Aku ingin memeluk kamu dengan erat

Karena kamu sudah aku anggap

Seperti adik aku sendiri


Aku menangis

Karena aku merasa lengah

Tidak mengenal kamu lebih awal

Karena kamu juga membuat aku insomnia

Yang bahkan tidak bisa disamain dengan kopi manapun.


Aku menangis

Karena kamu sering mengukir kenangan

Dalam pikiran aku

Dan juga rekan-rekan kamu


Namun,

Aku bersyukur

Kamu telah berkembang sangat pesat

Dalam hal karakter

Sesuatu yang sangat dibutuhkan di dunia modern yang dimana kata respect, understanding dan tolerance menjadi receh


Aku bersyukur

Karena kamu berhasil menaksir orang disekitarmu

Bukan hanya ucapan yang bikin diabetes cliche

Namun dengan majas-majas puisi

Bernuansa klasik dengan sentuhan modern


Josefanny yang aku kenal, 

Josefanny yang berkarakter

Josefanny yang berintegritas

Josefanny yang memiliki determinasi tinggi

Josefanny yang memiliki jiwa sosial tinggi

Josefanny yang rendah hati


Tanpa hal itu semua, Josefanny is not a Josefanny


Tanpa kamu, 

SMA aku berakhir dengan ending yang menyedihkan

SMA patut menjadi masa yang tidak berkualitas

Aku tidak akan pernah kecanduan menulis

Circle pertemanan aku terasa stagnan


Dan tolong dengan sangat, 

Tetaplah tersenyum seperti determinasi kamu yang tinggi

Kamu boleh capek, lelah dan burn out

Namun, aku yakin, dengan orang dengan performance seperti kamu, kamu akan bisa bounce back

Tetaplah ceria meskipun banyak ketidakjelasan yang terjadi di sekitar kamu


Selamat merayakan ulang tahun yang ke-21, my very own blogging mentor and also the one who saved my memory in High School.



Thank you for the memories we produced and please don't get tired if I repeatedly discuss every memories we made. My apologies if there's some uncomfortable statements inside this blog and maybe some unsophisticated word inside this blog, mate. To be very honest with you, I owe you, mate.


Enjoy the additional galleries

And don't forget our promise ;)

Take me to a cruise in Bandung, together.
















Your mentee, 


Mikhael Tambunan.

Komentar

Postingan Populer