Renault Koleos, Whatever Your Quest. Kok Kamu Cantik Sekali?

The Renault Koleos at Ciputra Mall

Apa yang ada dalam pikiran anda ketika bicara mengenai Prancis (๐Ÿ‡ซ๐Ÿ‡ท) ?
Menara Eiffel, Romansa kota Paris? Makanannya? Pemandangannya? Pakaiannya? Timnas sepak bola nya atau Zinedine Zidane?.
Semua di atas adalah ikon Prancis yang berhasil memikat para masyarakat dunia untuk menyukainya, memimpikannya, bahkan mengidolakannya.
Tetapi, apa jadinya ketika budaya Prancis yang akan di bahas disini adalah sebuah mobil buatan Prancis dari Renault yang bernama Renault Koleos.

Renault Koleos adalah sebuah SUV dari brand negeri Zidane, Renault. Dia bisa dibilang sejajar dengan Mazda CX-5, Honda CR-V & Nissan X-Trail. Apa saja yang ditawarkan dari mobil ini dibanding rival sekelasnya? Ini dia.

Mari kita lihat eksteriornya. Bagi saya, Koleos ini terlalu cantik untuk rival sekelasnya๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‚. Maksudnya, dia desain nya itu eropa banget, terutama dari sisi depan nya yang sangat khas dari Renault, yang notabene adalah bahasa desain global dari Renault itu sendiri. Dia menggunakan DRL LED yang sekilas mirip huruf C, dia menggunakan LED sebagai lampu utama nya, lampu sein dari LED & ketika menyala, dia akan terlihat sangat cantik & modern. Dia juga ada fog lamp sebagai standar.

The side look of the Renault Koleos
Di bagian sampingnya. Dia memiliki proporsionalitas yang baik. Aroma Prancis nya bisa dibilang, benar-benar terasa, ban yang digunakan juga pas dengan ukuran pelek 18", lalu dia ada shark fin di atap nya, panoramic sunroof (optional), hiasan chrome di bawahnya, serta di bagian gagang pintu nya & ada hiasan berbentuk mirip insang dari Renault. Hiasan mirip insangnya itu rupanya memanjang dari bagian depan dari di Renault Koleos ini, terutama dari bagian atas dari lampu depan nya. Anda silahkan setuju atau tidak, karena ini cukup merangsang visual anda. Overall, desain nya benar-benar kuat aroma Prancis (๐Ÿ‡ซ๐Ÿ‡ท) nya. Good๐Ÿ‘.

The rear side of the Renault Koleos
Next, bagian belakangnya, volks. Sekali lagi, Koleos menonjolkan "aesthetic" nya disini, apalagi kalau digunakan di malam hari. Siapa tahu, ya bukan?๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜. Lampu belakangnya sudah menggunakan LED & dia memanjang ala-ala Honda BR-V, tetapi dengan desain yang lebih memikat & More France (lebih prancis)๐Ÿ‘. Di belakang ini, permainan visual anda benar-benar dipancing, kenapa? Karena di bagian bawah reflektor nya itu, yang chrome nya itu seperti knalpot, kalian bakalan kira itu adalah knalpot nya. Padahal itu bukanlah sebuah knalpot. Jadi dimana? Dia berada di bawah. Posisi nya standar (entah di kiri atau di kanan). Walaupun aku sendiri sudah tergoda melihatnya, namun ternyata, visual saya tertipu, karena knalpot nya di bawah๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘. Nice Trick, Renault๐Ÿ˜‰๐Ÿ‘. Overall, rasa Prancis nya masih lengket disini.

The dashboard of the Renault Koleos

Masuk ke dalam, yuk. Disini, aku harus akui kalau permainan visual kita benar-benar dimanjakan oleh Renault. Speedometer nya keren banget, dia bisa diganti warnanya sesuka hati melalui ambient lighting di Head Unit nya yang menggunakan sistem Renault R-Link yang canggih & modern. Ukuran Head Unit nya 8" posisinya vertikal. Di foto atas, memang warna ungu nya cantik banget๐Ÿ˜. Jok nya sudah kulit, berwarna coklat & steering nya sudah dilengkapi audio switch control (tipikal mobil zaman now). Menurutku, material mobil ini tidak main-main & tidak asal material saja. Dia bisa dibilang sebagai mobil dengan built quality yang bagus, khas eropa banget. Menurutku, dia setara dengan Mazda CX-5. Dia juga dilengkapi dengan laci penyimpanan yang lumayan besar, terletak di antara jok mobil & dia juga bisa dijadikan sebagai armrest apabila anda ingin mengistirahatkan lengan anda sejenak.

Laci penyimpanan tengah di Renault Koleos


Overall, kualitas interior mobil ini bukan main-main๐Ÿ‘. Nice, Renault๐Ÿ˜‰.

Under the Renault Koleos hood


Mari kita intip apa saja performa yang ditawarkan dari mobil negeri menara Eiffel ini. Mesinnya sama dengan yang digunakan Nissan X-Trail, 2.5L / 2500cc, dengan tenaga 170 HP, torsi 233 Nm (7 angka lebih besar daripada X-Trail yang memiliki 226 Nm). Transmisi yang digunakan juga sama dengan X-Trail, yakni Automatic X-Tronic CVT, suspensi juga sama dengan X-Trail.

Beberapa dari kalian mungkin bertanya apa hubungan Renault dengan Nissan, sehingga mobil yang cantik ini memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Nissan X-Trail & here's why:
Nissan & Renault membentuk kerjasama dengan nama "Renault-Nissan Alliance". Kenapa Mitsubishi? Karena menurut suatu media yang pernah saya baca, khususnya Kompas.com, Nissan memiliki 34% saham perusahaan Mitsubishi, sehingga sempat juga dirumorkan kalau Livina atau Grand Livina menggunakan platform dari Mitsubishi Xpander. Tapi tenang saja, karena rumor diatas masih simpang siur๐Ÿ˜€✌️. September 2017, aliansi tersebut berganti nama karena Nissan memilih Mitsubishi sebagai rekan aliansinya dengan nama "Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance". Sistem aliansi ini bukan merger & bukan akuisisi, tetapi lebih ke strategic partnership (kerjasama strategis).


The logo of the Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance

Untuk info lebih lanjut, silahkan cek mbah Google or buka wikipedia dengan keywords "Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance".

Mobil ini harganya OTR Rp. 485.500.000,- sampai Rp. 515.499.499. Lumayan nih gengs.

Mobil zaman now memang tidak terlepas dari fitur-fitur modern nya. Koleos ini memiliki fitur yang setara dengan Mazda CX-5. Dia memiliki Smart key, Start/Stop Engine Button, Traction Control + ESP (Electronic Stability Program), Automatic Parking Brake, Power Seat (Driver + Passenger), Ambient Lighting, Blind Spot Warning, Hill Start Assist, 6 Airbags (Driver + Passengers), Alarm, Cornering Light, BOSE premium sound with 12 speakers & Automatic Hands-Free Tailgate.

Buanyakkk banget, gengs.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜จ. Rasanya, kalau dibandingkan dengan Mazda CX-5, dia bakalan Neck & Neck tuh๐Ÿ˜‰.
Dari semua fitur di atas, yang paling aku suka itu adalah Automatic Hands-Free Tailgate. Why?
Karena dia bisa membuka bagasi belakang hanya dengan mengayunkan kaki ke bagian bawahnya, bagasinya bisa terbuka secara otomatis๐Ÿ˜จ๐Ÿ‘. Caranya, anda memegang smart key nya, ayunkan salah satu kaki anda agak ke dalam underguard nya, lalu dia akan terbuka secara otomatis.
Ini dia video nya







(Sorry for the not so perfect video, guys, soalnya direkam oleh salah seorang pegawai Renault nya, guys & pertama kali saya direkam untuk kondisi seperti ini, maaf, bukan bermaksud menyombongkan diri, tetapi untuk kejelasan fitur hands free nya๐Ÿ˜Š✌️).

Okay, volks. Ini dia kesimpulannya. Welcome back, Renault๐Ÿ˜‰. Koleos ini adalah pertanda keseriusan anda untuk bermain di pasar medium SUV di Indonesia ini. Mobil ini mungkin berbagi platform dengan Nissan X-Trail, tapi somehow, Renault Koleos ini penampilannya beda banget, identitas Prancis nya nampak banget. Bagiku, mobil ini patut diwaspadai oleh rival sekelasnya, karena fiturnya sudah canggih, modelnya cantik lagi๐Ÿ˜€๐Ÿ˜œ.

Comments & critics will be appreciated, Big Thanks everyone
Start your engine & hit the road.

Komentar

Postingan Populer