Mitsubishi Xpander. Your Next Generation MPV (?)

Front & side of the Mitsubishi Xpander at Ciputra Mall

Low MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah tipe mobil terlaris di Indonesia karena dia praktis, harga terjangkau, fleksibel, & lega.
Di tahun 2017, pasar LMPV di hebohkan oleh sebuah LMPV dari Mitsubishi yang membuat banyak insan otomotif memiliki hype yang tinggi. Inilah dia, Mitsubishi Xpander.

Mobil ini berawal dari model konsepnya, Mitsubishi XM-Concept yang telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Media otomotif Indonesia pun juga menyorot kehadiran mobil konsepnya karena rasa penasaran mereka apa jadinya XM-Concept ini dibuat model massalnya.

Ketika model massalnya yang bernama Xpander ini diluncurkan, mobil yang satu ini banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia. Dan itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang ke stand Mitsubishi di acara GIIAS 2017, sampai mobil ini dapat penghargaan sebagai mobil favorit dalam acara otomotif tahunan yang didirikan oleh Gaikindo tersebut.

Setibanya di Pekanbaru, mobil ini juga mendapat perhatian yang baik, sehingga aku pun yang juga penasaran sama mobil ini, langsung pergi ke stand Mitsubishi yang ada di Mal Ciputra tanggal 20 Agustus 2017. Waktu pertama kali melihatnya, aku harus mengatakan kalau desain mobil ini sangat berani, karena dia benar-benar ingin tampil beda di kelasnya. Bagian depannya mirip sebuah SUV yang menurutku, cukup keren & kelihatan gagah. Dia memiliki lampu LED di atasnya, namun bukan sebagai lampu utama, melainkan lampu utamanya terletak di bagian tengah yang tampilannya menyerupai fog lamp besar yang menurutku, benar-benar bisa memancing permainan visual anda, terutama bagi anda yang mengira kalau lampu utamanya sudah LED, namun dia sebenarnya ada dibawahnya yang bentuknya mirip seperti fog lamp. Fog lamp aslinya ada di bawah, berbentuk bulat. Benar-benar sebuah permainan visual yang cerdik dari Mitsubishi๐Ÿ˜๐Ÿ˜‰๐Ÿ‘

Next, bagian sampingnya. Menurutku, desainnya lumayan proporsional & rasa MPV nya masih ada di Xpander ini, dan kaca di baris ke-3 nya mengingatkanku pada Honda Mobilio, tapi dengan versi garisnya ke atas, tidak di bawah. Tetapi dengan bentuk yang lumayan rapi. Not bad, Mitsubishi๐Ÿ˜‰

The rear look of the Mitsubishi Xpander

Pindah ke belakangnya yuk. Lampu belakangnya sekilas mengingatkanku pada sebuah Honda CR-V Turbo yang desainnya lumayan mirip, terutama bagian atasnya. Namun, Xpander masih menggunakan bohlam biasa untuk lampu remnya, sedangkan CR-V sudah menggunakan LED. To be honest, aku lebih prefer kalau lampu yang memanjang ke atas di hilangkan, karena sudah tidak begitu pas lagi bagiku, tapi itu balik kepada selera anda. Sisanya, mobil ini didesain dengan baik. Dia sudah dilengkapi kamera parkir & Emergency Stop Signal.

The front interior of the Mitsubishi Xpander

Masuk ke dalamnya, guys. Bagiku, warna jok & kabinnya menggunakan nuansa balge yang menurutku lumayan elegan, walaupun beberapa calon pembeli lebih prefer warna hitam yang ada di varian Sport, karena kemewahannya dianggap lebih terasa dibanding balge, walaupun itu akhirnya balik lagi ke selera anda. Duduk di barisan ke-2 nya, terasa nyaman & spacious (lega) untuk keluarga & cocok untuk perjalanan jauh. Kapasitas bagasi dirasa cukup lega untuk mobil sekelasnya. Ke posisi pengemudi, design dashboard nya menurutku simple, tidak terlalu rumit-rumit amat. Dia telah dilengkapi dengan Hill Start Assist, MID Display & Active Stability Control. Stirnya juga telah dilengkapi audio switch control. Bicara soal kepraktisan, mobil ini patut diperhitungkan, karena dia memiliki cup holders yang banyak, tempat charger di kursi belakang barisan ke-3, laci tengah yang cukup besar, sekaligus juga rem tangan yang bisa dijadikan armrest apabila ingin mengistirahatkan tangan anda sejenak. Leh ugha nih๐Ÿ‘๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚.

The main heart of the Mitsubishi Xpander
Tidak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas apa dibalik jantung utama Xpander ini, ya bukan?๐Ÿ˜‰.
Nah, mesin yang dipakai Mitsubishi Xpander ini mesin yang baru, berkapasitas 1500cc, tenaga 104 HP, torsi 141 Nm. Memang tidak begitu spesial amat, biasa saja, namun diprediksi irit bahan bakar & cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Mobil ini ada transmisi manual 5 speed & automatic conventional 4 speed, sehingga dapat memudahkan anda untuk memilih sesuai kebutuhan anda.

Harganya sekitar OTR Rp. 189 jt - 250 jt. Varian ada dari GLS, Exceed, Sport & Ultimate (yang paling tinggi)

Okay, jadi kesimpulannya adalah mobil ini patut diwaspadai oleh lawan-lawannya yang sudah mumpuni di kelas LMPV. Mobil ini memberikan kejutan yang cukup baik untuk menyejajarkan dirinya sebagai lawan yang tangguh di kelas LMPV. Mungkin lawan-lawannya ada yang masih pakai model lama, walaupun sebenarnya mereka sudah mempersiapkan model baru, tetapi perang 7-seater sesungguhnya, terjadi di tahun depan, 2K18๐Ÿ˜จ๐Ÿ˜‰๐Ÿ‘✌️.

Sekian dari saya, Thank you, start your engine & hit the road๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜€✌️๐Ÿ.

Komentar

Postingan Populer