Mazda CX-3. The Stylish Urban Crossover (?)

The front look of the new Mazda CX-3
2K16 & 2K17 bisa dibilang sebagai tahunnya SUV di Indonesia, karena semakin banyak mobil SUV berdatangan di Indonesia dari berbagai merek, contohnya dari crossover (small SUV) ada Honda HR-V, Honda BR-V, Chevrolet Trax, Ford Ecosport, Nissan Juke, dan Toyota CH-R (kalau jadi masuk pasar Indonesia). Di medium SUV ada Mazda CX-5, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva, Mitsubishi Outlander Sport, dan Honda CR-V Turbo. Di High SUV ada Ford Everest, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Trailblazer dengan kembarannya Isuzu MU-X. Walaupun Mazda CX-5 telah menyumbang kesuksesan penjualan di Indonesia, Mazda tidak akan berpuas begitu saja. Dibuktikan dengan keseriusan Mazda melalui distributornya, PT Eurokars, untuk bermain di kelas crossover dengan mendatangkan The All New Mazda CX-3.

Mazda CX-3 adalah sebuah produk baru Mazda di kelas crossover yang sedang nge-tren akhir-akhir ini. Waktu pertama kali melihatnya, aku harus mengakui kalau mobil ini ganteng banget, cakep & enak dipandang. Warna merah yang dimilikinya cantik, walaupun untuk warna itu, anda harus merogoh kocek tambahan sebesar 3 juta, karena katanya, warna merahnya itu (soul red) dicat sebanyak 2x. Mungkin karena biar lebih cantik or something else that I don't know exactlyπŸ˜€.

Bagian depannya, sepintas mirip CX-5, mengingat produk-produk Mazda saat ini menggunakan prinsip desain KODO sejak tahun 2012 melalui Mazda CX-5. Lampunya sudah LED Projector, lampu sein ada di bawah & berdekatan dengan fog lamp nya yang juga sudah LED. So modern for me.

The side look of the Mazda CX-3

Di bagian sampingnya inilah kecakapannya nampak. Dia kelihatan kekinian banget untuk sebuah crossover. Dia tidak terlalu besar & juga tidak terlalu tinggi, jadi dia memiliki proporsionalitas desain yang baik menurutku, ditambah dengan design peleknya yang sama bagusnya. GreatπŸ‘.

The rear look of the new Mazda CX-3

Intip belakangnya yuk. To be honest, bagian belakangnya bisa bikin ngiler & bisa buat air liur menetes. Kirain makanan ya?πŸ˜‚πŸ˜‚. Bukan, bukan. Canda saja kok. Bagiku, belakangnya sama cakepnya dengan di depannya. Lampu sudah LED, ada sensor parkir, ditambah dengan 2 pasang exhaust (knalpot) yang menambah kegantengan mobil ini. Overall, bagian belakangnya itu ngundang aku untuk ingin mengebut dengan mobil ini, saking ngiler lihatnya. WkwkwkwkπŸ˜‚πŸ˜…✌️.

The interior of the new Mazda CX-3

Mari masuk ke dalamnya, volks. Menurutku, design dashboard nya simple but sophisticated (simpel namun mewah), sekilas mirip BMW, mungkin Mazda ini rasanya seperti Japanese BMW. WkwkwkwkπŸ˜‚πŸ˜….
Material yang digunakannya bukan sembarang material, built quality nya benar-benar bagus, soft touch yang benar-benar halus, jok nya sudah kulit & rasanya cukup lembut. Sistem Audio yang digunakan juga berasal dari Mazda, yakni MZD Connect yang canggih. MZD Connect ini bisa dikendalilan melalui knob (bulatan bawah yang bisa diputar) ala-ala BMW. Steering nya dilengkapi dengan audio switch control, keyless start/stop entry button, tombol cruise control apabila anda ingin menggunakannya & juga ada paddle shift kalau ingin pakai manual ala-ala F1πŸ˜€✌️. Fitur-fitur mobil ini cukup lengkap, ada Hill Start Assist, Adaptive front light system, Blind Spot monitoring system, Dynamic Stability Control & Traction Control System. WokehhhπŸ˜€πŸ‘.

The CX-3's main heart

Jantung berdebar-debar, rasanya aku ingin memacumu.....πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Maaf, cuma guyonan belaka.
Bicara mesinnya, dia tersusun sangat rapi, mungkin paling rapi di kelasnya bagiku. Dia menggunakan engine 2.0L / 2000cc Skyactiv yang menghasilkan tenaga 144 HP & torsi 192 Nm. Kuencenggg nih, guys😨. Dan ketika membukanya, kap nya itu cukup berat karena materialnya yang tebal. Tapi ingat, dia bukan sembarang material lo, guys.πŸ‘πŸ˜‰. Transmisinya dia menggunakan automatic 6-speed conventional, namun diperkirakan dia sudah dipercanggih melalui Skyactiv Drive.

Sedikit info tentang Blind Spot Information System:
Sistem ini digunakan untuk mengingatkan  pengemudi ketika ada objek, seperti mobil/motor yang lewat di samping anda, ketika mungkin anda tidak menyadarinya supaya lebih waspada pada hal di sekitar anda & terhindar dari insiden yang tidak diinginkan.

Varian CX-3 diatas adalah varian Touring. Varian tertingginya adalah varian GT. Harganya OTR (On The Road) Rp. 388 jt - 430 jt. Lumayan mahal nih, gengs😱😨.

Okay, volks, inilah kesimpulannya: Thank you, Mazda. Kamu berhasil membuatku berselingkuh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚✌️ (hanya candaan belaka saja), maksudnya selingkuh dari Chevrolet Trax yang lebih dulu ku-taksir karena engkau nya yang sempat memikat waktu itu, 1.4L / 1400cc Turbocharged dengan tenaga 140 HP & torsi 200 Nm yang lumayan kencang di kelasnya waktu itu & desainnya yang super kalem, sebelum datang CX-3 ini. Baiklah, Mazda CX-3 ini bisa dibilang sebagai salah satu yang paling ganteng dikelasnya. Desainnya udah cakep, mesin bertenaga, fitur canggih, bikin ngiler lagi berkat 2 pasang knalpotnya di belakang yang berhasil menambah rasa sporty dari mobil ini πŸ˜€πŸ˜‚πŸ˜±.

Mohon maaf atas kekurangan & kata-kata yang kurang berkenan dari blog ini, komentar & kritikan dipersilakan. Thanks you, start your engine & hit the road.πŸ˜€✌️🏁.

Komentar

Postingan Populer