HYUNDAI SANTA FE 2021 (1ST IMPRESSION)
Jujur aja, Santa Fe yang membuat Gua sempat melirik Hyundai dan Santa Fe itu sendiri terjadi pada model 3rd Gen.
Sampai sekarang dia secara look masih cakep. Namun, ketika model 4th Gen nya dirilis, secara look, dia kelihatan even better.
Hingga keluar lah varian Grand Santa Fe, sebagai jawaban atas kurangnya fitur di varian Santa Fe standar.
Sekarang, facelift-nya kali ini selain major, dia juga makin niat.
Depannya terasa mencolok dibandingkan pre FL nya.
Depannya gimana secara detail?
Memang bukan selera semua orang sih.
Soalnya masih ada yang prefer yang pre FL.
Anyway, dari perlampuan, dia lampu utamanya adalah Full LED Projection yang berdampingan dengan grill-nya. Lampu DRL nya itu again, dia nyambung dari atas hingga ke lampu projection nya itu, dan dia sambungannya rapi dan cakep.
Finishing silver pada grill nya ini terlihat rapi, proporsional, lumayan distinctive, dan gak norak. Bumpernya itu juga selain ada fender silver nya itu terlihat kokoh.
Kaca depannya itu ada semacam kamera untuk ADAS.
Sampingnya?
Masih sama sih mostly
Dia pakai frame silver gitu di frame kacanya, and hasilnya dia cantik.
Peleknya ini memakai ukuran 18", serta empat remnya yang udah cakram itu udah pakai ABS, EBD, dan BA.
Roof rail serta Shark Fin Antenna siap menemani Anda. Serta fender hitam yang ditemani dengan hiasan silver yang diatasnya itu terlihat rapi dan again, proporsional.
Sampingnya ini overall masih sangat memikat Gua.
Belakangnya?
Dia berubah cukup banyak, walaupun gak radikal-radikal amat.
Tapi masih nampak.
Kita mulai dari design lampunya yang lebih lumayan tajam dan lebih striking. Serta, lampu belakangnya ini pakai LED Combination Lamp. Salfok aja sama lekukan tajam ujung lampu belakangnya itu, jangan sama alis merah yang memanjang ala H tegak itu ;)
Bumpernya ini selain ditemani lis silver yang cukup berkelas itu, dia ada sensor parkir berwarna hitam yang siap untuk mencegah Anda dari kejedot dari belakang, terutama kalau mau parkir mundur. Rear Camera ada di pintu bagasi, tepatnya di atas license plate.
Untuk membuka bagasinya ini, dia sekarang lebih canggih, yakni Smart Power Tailgate. Gimana caranya? Ketika Anda berada di belakang bagasi cukup lama, bagasinya akan membuka pintunya untuk Anda, karena sistemnya ini berpikir kalau Anda akan memasukkan barang.
Dia juga bisa ditutup secara electric yang juga punya sensor yang memastikan kalau semuanya udah clear, biar gak ada yang kejepit ketika akan menutup bagasi.
Untuk kapasitasnya, ketika semua jok ditegakkan, dia lumayanlah. Gak gitu banyak space. Ketika jok baris ke-3 ditidurkan, lantai joknya ini bisa rata, serta kapasitasnya termasuk besar. Lebih besar lagi kalau semua jok ditidurkan.
Dalamnya gimana?
Ini dia bagian favorit Gua di Santa Fe ini
Mostly for a good reason.
Build quality nya yang paling bagus dari semua Hyundai yang dijual di Indonesia, so far. Bukan berarti yang lain gak bagus ya. Soalnya, Staria dan Palisade yang ditulis sebelumnya juga termasuk bagus bet build quality-nya.
Panel Soft Touch-nya sangat mendominasi dashboard hingga panel pintu-nya. Jujur kata, lembutnya itu ENAK BANGET!! Bikin tangan Gua betah banget meraba dan merasakannya.
Selain steering yang udah tilt & telescopic, dan ditemani berbagai tombol seperti audio dan MID untuk fitur-fitur mobil, dia memiliki kulit yang halus dan enak untuk diraba dan digenggam. Not to mention Paddle Shift nya ini terasa berkualitas.
Not to mention kalau pedal gasnya udah berbentuk organ.
Speedometernya ini selain berukuran 12,3", dia ada Blind Spot Monitor yang dimana salah satu bulatan akan menampilkan hasil kamera samping, tergantung arah sen Anda, maybe kiri maybe kanan. Dia juga ada empat tema yang bisa Anda pilih, dan ini juga berlaku untuk Hyundai Staria, ini dia.
Theme A:
Theme B:
Theme C:
Theme D:
Semuanya kece-kece sih. Tinggal selera Anda yang nentukan ;)
Joknya sendiri selain sudah ada pengaturan electric termasuk lumbar support, material kulitnya ini juga bukan kaleng-kaleng nih. Bagus banget.
Panel tengah Santa Fe ini juga bagus. 11 12 lah dengan Palisade. Ada Shift By Wire, Laci yang bisa ditutup yang isinya ada USB Slot, Wireless Charger dan 1 Cup Holder. Not to mention ada armest yang bagus dan enak untuk ditangan.
Tersedia juga Drive Mode seperti Palisade, Auto Hold, Rear Cam View, Parking Sensor, Hill Decent Control, serta berbagai pengaturan Climate Control diatasnya.
Urusan entartainment, layarnya yang berukuran 8" ini udah dilengkapi Apple CarPlay dan Android Auto. Resolusinya bagus, sama kek Staria and Palisade. Cuman kenapa ya, kalau di Santa Fe ini, bezelnya terasa spot on dibandingkan Palisade yang tebal bet.
Ketika duduk di baris ke-2, dia punya hal yang udah pasti gua sebutin: Lega, headroom dan legroom masih memadai.
Lanjut, dia ditemani material yang 11 12 bagusnya dengan yang di depan, serta, joknya ini bisa direbahkan lagi kalau mau, dan ada armrest tengah dengan cup holder. Armrest nya sendiri juga cukup nyaman dan berkualitas. Panoramic Sunroof nya ini benar-benar memberikan kesan lega yang cukup baik. Ada tirai kaca di baris ke-2 untuk menghindar dari stalker dan paparazzi.
Ada jok baris ke-3 kalau Anda mau angkut banyak orang lagi ;)
Anyway, selain laci depan yang udah soft opening, fitur-fitur Santa Fe FL 2021 ini ada Driver Attention Warning, Rear Cross Traffic Alert, Safe Exit Assist, Blind Spot Monitoring, untuk keluarga ADAS (Advanced Driver Assistance System) dia ada Forward Collision Mitigation Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, serta Surround View Monitor, ISOFIX.
Jujur aja, material interiornya itu membuat Gua speechless.
Mesinnya?
Ini dia selling utama Santa Fe
2.200cc Diesel Turbo yang sekarang udah baru dengan tenaga dan torsi yang baru, yakni 202 PS dan torsi 441 NM. Kalau mau yang aman, ada 2.500cc bensin NA dengan tenaga 178 PS dan torsi 232 NM. Transmisinya pun ada dua: Kalau yang bensin, dia 6-speed AT Torque Converter. Sedangkan yang Diesel, dia pakai 8-speed Double Clutch. Kesamaanya: Keduanya sama-sama menyalurkan tenaganya via roda depan.
Packaging-nya udah rapi, selain udah ada cover mesin, serta kap yang udah ada peredam dan menganut hydraulic.
Harganya dimulai dari Rp569 juta hingga Rp729 juta, mulai dari varian Style hingga Signature as the flagship. Pilihan warnanya ada Typhoon Silver Metallic, Glacier White Metallic, Magnetic Grey Metallic, Phantom Black Pearl, Lagoon Blue Pearl.
For me, ini adalah mobil yang tepat untuk Anda yang benar-benar berprinsip quality above all, because this car looks impressive from almost every aspect. And I haven't drive her yet.
Komentar
Posting Komentar