HYUNDAI PALISADE (1ST IMPRESSION)

SUV dari benua Asia bergaya EU? Udah cukup biasa.

SUV dari benua Asia bergaya USA? Boleh nih. 

Tapi apa end product-nya?

Ini dia, Hyundai Palisade

Depannya?

Sangat American.

Mulai dari grill-nya aja dulu. Jangan kepikiran kalau grill ini adalah sebuah makanan, especially a big slice of bread.

Fokus sama desain grill-nya yang memakai finishing silver, serta bumper depannya yang ada finishing silver-nya yang membuatnya terlihat rapi dan robust.

Highlight lainnya adalah desain lampu depannya itu yang super kece dan amat menghipnotis. Selain udah ditemani LED DRL, lampu utamanya udah pasti pakai LED. Yang jadi selling point lainnya adalah potongan arah lampu LED DRL nya itu yang sulit dijelaskan pakai kata-kata.


Sampingnya?

Serasa Full SUV versi mini.

Peleknya yang berukuran 20" itu masuk hitungan gans, beserta design sampingnya alone. Finishing fender samping yang silver itu termasuk rapi dan proporsional. Remnya udah ABS, EBD, BA, serta empat-empatnya udah cakram.

Spionnya itu termasuk kece nih, serta desain lampu sein-nya termasuk anti mainstream, soalnya bisa jadi ke-chrome-chrome-an gitu. Gagang pintu-nya udah ditemani keyless entry.

Frame kacanya itu termasuk ganteng, old school, robust, namun overall design-nya masih terasa contemporer. Not to mention dia udah makai roof rail beserta Shark Fin Antenna.


Belakangnya?

Sangat recognizable.

Hampir gak ada Korea-Korea nya sama sekali. 

Kalaupun dicari dimana Korea-nya, hanya ada di badge Hyundai aja.

Dari design, selain lampu belakang yang udah pakai LED Combination Lamp, dia bentuknya cakep, serta lebih cakep lagi ketika dinyalakan ;)

Lekukan bagasi serta pundaknya itu bikin betah mata dan membuatnya terasa American. Serta bumpernya udah ditemani rear fog lamp, sensor parkir, dan knalpot-nya itu not bad loh. Rear Camera-nya terletak di pintu bagasi, tepatnya di atas license plate.

Bagasinya ini lumayanlah kalau semua jok ditegakkan. Kapasitasnya termasuk hitungan luas nih kalau jok baris ke-3 dilipat, dan bisa lebih luas lagi kalau jok baris ke-2 dilipat. Not to mention dia udah makai Smart Power Tailgate.


Bagaimana interiornya?

Memang cukup cakep.

Terutama jok kulit berwarna merahnya itu. Jok-nya itu selain ada pengaturan elektrik 10 arah (termasuk lumbar support), dia termasuk cukup enak untuk diduduki. Not to mention dia ada memory seat. Ventilated/Heated Seat udah pasti tersedia.

Dashboard console tengahnya termasuk kece nih.

Dia terdiri dari berbagai tombol seperti Drive Mode, Traction Mode, Pengaturan Climate Control, Pemanas/Pendingin Jok, Park Sensor Button, Rear Cam View, Auto Hold, dan tombol transmisi Shift By Wire.

Not to mention berbagai tombol dengan finishing silver metal yang cantik bet diatasnya itu. Beserta spion cembung untuk mantau penumpang belakang. Lacinya yang ditengah itu kalau ditutup, design-nya cakep, serta kalau dibuka, dia cukup dalam kapasitasnya.

Monitor entertainment-nya ini selain udah ada Android Auto, Apple CarPlay, dan Quite Mode, dia berukuran 8".

EPB nya dimana?

Ada di bagian kanan, beserta ditemani tombol-tombol lainnya, seperti lamp leveller, stability control, etc. Laci dibawahnya udah ada semacam beludru gitu.

Steering-nya ini udah pasti bisa tilt & telescopic, serta udah ditemani berbagai tombol audio dan untuk mobil, mostly MID. Kulit joknya sendiri termasuk enak untuk diraba dan digenggam.

Not to mention pedal gasnya yang sudah berbentuk organ.

Speedometer-nya ini sebenarnya cukup bagus, cuman kalau dilihat dari design dashboard-nya secara keseluruhan, dia lebih complete kalau pakai full digital. Walaupun gitu, dia lumayan kaya akan informasi serta fitur-fitur yang tersedia untuk mobil ini berkat layar LCD berukuran 7" nya itu.

Armrest tengahnya termasuk cukup bagus dan dia ada laci tambahan yang cukup dalam.

Untuk Drive Mode, dia terdiri dari Comfort, Eco, Sport, dan Smart. Untuk Traction Mode, dia ada Snow, Mud, Sand.

Ketika duduk baris ke-2, jujur, dia terasa enak. Benar-benar seperti seorang boss. Kualitas joknya pun juga bagus, serta dia udah Captain Seat. Not to mention space headroom dan legroom masuk hitungan lega banget. Mind you, mates, ini mobil udah pakai Double Sunroof.

Biar makin adem, ada pengaturan AC dibelakang. Mind you, pengaturan climate control Palisade ini mengandung system triple zone.

Jok baris ke-3 nya juga termasuk cukup manusiawi, serta joknya masih cukup bagus.

Fitur-fitur lainnya terdiri dari Safe Exit Assist, Wireless Charger, Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, 6 Airbags, ISOFIX.

Untuk pilihan jok varian tertinggi yang memakai material kulit Nappa ini ada dua pilihan: Navy White or Burgundy Red.

Warna mobilnya ada empat, yakni White Cream, Steel Graphite, Moonlight Cloud, Timeless Black.


Mesinnya?

Pakai mesin diesel andalan Hyundai

2200cc Turbo Diesel dengan tenaga 200 PS dan torsi 440 NM. Penggeraknya ada roda depan dan penggerak semua roda. Semua pilihan penggerak disalurkan via transmisi 8-speed.

Packaging mesinnya termasuk cukup rapi nih. Mulai dari peredam di kapnya hingga cover mesinnya.

Harganya dimulai dari Rp788 juta hingga Rp1,1 miliar. Variannya ada Prime & Signature. Termahal goes to Signature AWD.

Setelah melihatnya secara langsung, sekarang Gua tahu, kenapa banyak yang kepincut sama Palisade ini.

Komentar

Postingan Populer